Bagikan
Foto: Ketua Komnas Perlindungan Anak Pati Jawa tengah A.S Agus Samudra

TV10Newsgrup.Com, Pati – Dikantor Komnas Perlindungan Anak Pati Jawa tengah yang beralamat didukuh Gambiran RT 4/RW 4 Desa Sukoharjo kecamatan Margorejo kabupaten Pati siap melayani sirkulasi pengaduan warga masyarakat sekitar.

Dari keterangan tersebut Saat ditemui awak media Dikantor, Ketua Komnas perlindungan anak Pati Jawa tengah A.S Agus Samudra menghimbau untuk orang tua agar selalu memperhatikan tentang masa depan anak dalam pendidikan, Maka hal ini memang sangat butuh sekali perhatian dari  keluarga agar bisa memberikan motivasi tentang rasa percaya diri, minggu (14/4).

Disinilah Anak itu harus menjadi nomer satu mendapatkan perhatian serta kasih sayang dari orangtua, Karena dalam pertumbuhan dari balita hingga dewasa selalu dekat dan jangan sampe mencontohkan yang kurang baik biar tidak ditiru tentang keseharian kita.” Maka Hal ini dikhawatirkan bisa memberikan dampak negatif yang lebih besar di usia remaja.

Untuk itu, Keberadaan perhatian orang tua akan membuat anak merasa nyaman dan aman serta pasti apa pun yang sudah di temui  seperti lagi belajar ataupun bermain dengan temannya pasti diceritakan saat dirumah.

Tak hanya itu saja, bagaimana kondisi anak yang orangtuanya kurang peduli kepadanya? Kebanyakan dari mereka cenderung tumbuh menjadi anak yang pemalu, pendiam, atau bahkan lebih buruk lagi, kadang dia sudah terlibat dalam lingkungan pergaulan yang tidak baik.

Selain orangtua, perhatian juga bisa berasal dari lingkungan sekitar, maka tentang pertumbuhan anak yang memiliki imajinasi sangat sulit dihapuskan, karena sebagaimana kita ketahui, bahwa daya tangkap serta ingatan memori lebih kuat dari pada orang dewasa.

Dalam membentuk karakter Seorang anak yang kehilangan kasih sayang dari salah satu orang tua pasti merubah segalanya tentang perilaku yang berbeda dari yang lain.

“Karena semua itu tidak bisa dipungkiri lagi.” akibatnya psikologis anak pasti terganggu melihat sekelilingnya tidak ada rasa perhatian sehingga mengakibatkan prustasi berat sulit untuk difikir.

Setiap anak memiliki masa-masa yang harus diisi dengan belajar, tetapi tidak boleh hal itu membunuh sisi kreatifitas yang dia miliki serta baik pada sisi sosial dan psikologis yang akan mempengaruhi pertumbuhannya.

Selama masih Masa anak-anak merupakan kebijakan penting untuk diberikan kasih sayang, perhatian serta pendidikan yang layak dan orang tua jangan sampe melantarkan hal itu tidak diperbolehkan.

Akan tetapi, dimasa sekarang yang sudah sangat berkembang pesat menjadikan anak-anak, kurang memahami tentang aspek spiritual.

“Bukan salah mereka, orang tua yang terlalu sibuk, juga menuntut kepada anak agar mereka dapat mencapai prestasi akademik dan nilai-nilai baik, hal itu banyak berpengaruh terhadap untuk mengembangkan kecerdasan.

Oleh sebab itu, jadi Orangtua harus lebih baik serta penyayang memberikan motivasi tentang pendidikan dan mendahulukan kecerdasan spiritual bagi anaknya, dibanding kecerdasan yang lain”, kata Ketua Komnas PA Pati Jateng.(@gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × 4 =