Bagikan

TV10Newsgrup.Com, Pati – Bupati Pati Haryanto bersama Wakil Bupati Saiful Arifin, dan Sekretaris Daerah Suharyono kemarin menghadiri Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Pati.

Agenda utama dalam rapat paripurna tersebut ialah penyampaian pendapat akhir fraksi dan persetujuan bersama terhadap Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2019.

Tentang Fraksi-fraksi melalui juru bicara masing – masing, menyampaikan pendapat akhirnya.

Secara umum seluruh fraksi menerima dan menyetujui Raperda Perubahan APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2019 untuk ditetapkan menjadi Perda.

Setelah seluruh fraksi menyatakan persetujuannya, Badan Anggaran DPRD Pati yang diwakili Teguh Bandang Waluyo menyampaikan pendapatnya.

“Dari hasil pembahasan Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Pati 2019 di Badan Anggaran dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, masih ada pergeseran antar kelompok belanja, antar unit organisasi, dan antar jenis belanja,” kata Teguh.

Sebelum penandatanganan persetujuan bersama, Bupati Pati Haryanto juga berkesempatan membacakan pendapat akhirnya.

Haryanto juga menguraikan, setelah hasil pembahasan bersama tentang Raperda Perubahan APBD, ketiga pos utama APBD, yakni pendapatan daerah, belanja daerah, dan pembiayaan daerah tidak mengalami perubahan nominal.

“Adapun rinciannya ialah target anggaran pendapatan daerah tetap Rp 2,83 triliun.

Selanjutnya, belanja daerah tetap Rp 3,06 triliun. Namun, terdapat beberapa pergeseran anggaran”, terang Bupati.

Kemudian, Haryanto berkata, bagi penerimaan pembiayaan daerah tetap Rp 252,39 miliar. Begitu juga dengan pengeluaran pembiayaan daerah, tidak ada perubahan, tetap Rp 20,35 miliar.

“Demikian juga, Raperda Perubahan APBD setelah kita sepakati bersama dan Raperbup tentang penjabaran Perubahan APBD akan kita sampaikan pada Gubernur Jawa Tengah paling lama tiga hari kerja.

Dan waktu evaluasi oleh gubernur paling lama 14 hari kerja. Evaluasi gubernur bertujuan agar tercapai keselarasan kebijakan daerah, provinsi, dan nasional,” tegas Bupati.

Setelah ini, Haryanto menyampaikan pendapat akhirnya, kemudian dilakukan penandatanganan persetujuan bersama terhadap Raperda tentang Perubahan APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2019″, pungkasnya. (@gus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

14 − two =