Bagikan

TV10Newsgrup.Com,Pati

Bupati Pati Haryanto hari ini melepas Kontingen Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Kemah Ukhuwah IV Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Kabupaten Pati.

Para Peserta kemah ukhuwah Pramuka penggalang yang dilepas langsung oleh Bupati, Dalam kegiatan Kemah Ukhuwah Nasional IV Sako Pramuka Sekolah Islam Terpadu (SIT) 2018 yang diselenggarakan pada 16 – 19 November di Buperta Cibubur Jawa Barat.

kegiatan tentang rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar Pramuka Penggalang.

Selama kontingen di Pati memberangkatkan 50 peserta dan 15 pembina pendamping dan Para peserta terdiri atas Pramuka SMPIT Insan Mulia yang mengirimkan 1 regu Putra serta 1 regu Putri, SDIT Abu Bakar Ash Shidiq mengirimkan 1 regu Putra bersama 1 regu Putri, serta SD IT Lentera Hati mengirimkan 1 regu Putra.

Ditempat yang Sama, Bupati Pati Haryanto selaku kepala daerah mengaku turut bangga dan selalu mendoakan semoga kegiatan ini diberikan kelancaran baik saat keberangkatan hingga nanti dapat kembali ke Pati serta mudah-mudahan para peserta dapat mengikuti aktifitas yang sudah dijadwalkan di sana”, kata Bupati

Bagaimana pun juga, dalam kegiatan ini merupakan salah satu wahana untuk mendidik karakter anak-anak agar mandiri, karena anggota kontingen rata-rata masih duduk di bangku SD dan SMP, Di mana selama ini barangkali tidak pernah pisah dengan orang tuanya.

“Kalau anak-anak SD, masih menggantungkan segalanya kepada orang tuanya namun karena jiwa Pramuka menuntut demikian, ya akhirnya anak-anak akan dengan sendirinya menjadi mandiri”, cetusnya.

Namun yang lebih penting, Bupati juga menegaskan sekali lagi bahwa kontingen Pati harus lebih berhati-hati karena akan bertemu dengan peserta dalam jumlah yang sangat banyak sekali dari seluruh Indonesia, dengan jumlah peserta penggalang mencapai 12 ribu orang serta pembina dan pendamping sebanyak 2.400 orang. “Apalagi dengan keadaan saat ini yang memasuki musim penghujan”, imbuhnya.

Haryanto juga berharap, manfaat dan hikmah dari kemah ukhuwah ini, bisa ditularkan dan diimplementasikan. “Setidaknya mereka mempunyai karakter generasi muda yang tangguh sebagai penerus kita di masa mendatang”, Ungkap Haryanto.

Sementara ini, Ketua Kontingen Kemah Ukhuwah Nasional 2018 Sako Pramuka SIT Kabupaten Pati Moh Haryanto mengatakan bahwa perkemahan ini tentang pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

“Tujuan ini pun tak lain untuk mewujudkan generasi muda Indonesia yang takwa, tangguh, tangkas dan teguh serta menumbuhkan rasa kebangsaan yang berbhineka tunggal ika”, Ucap Ketua Sako Pramuka JSIT.

Reporter: Agus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × five =