Bagikan

TV10Newsgrup.Com, Pati – Dalam rangka Acara di Pendopo Balai Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati, Sabtu (23/3).

Disini warga masyarakat berbondong-bondong meramaikan Haul Sunan Prawoto KPH Raden Bagus Hadi Mu’min ke 41.

Ada Sejumlah marching band dari beberapa sekolah juga tampil menghibur ribuan warga masyarakat Prawoto yang datang menyaksikan Haul ini. Mulai dari marching tingkat SD, SMP, juga SMA/MA tampil memukau di acara pembukaan Kirab Budaya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Pati H.Haryanto SH,MM,MS.i juga ikut hadir dalam haul sunan prawoto bersama keluarga besar penghageng dari Keraton Surakarta Hadiningrat yang mendampingi Kementrian Pariwisata beserta rombongan, Keluarga Sentono Dalem Keraton Surakarta Hadiningrat, Camat Sukolilo, Kepala desa Prawoto, Danramil serta Kapolsek.

Sementara itu, Bupati Pati Haryanto menyampaikan bahwa selama kegiatan seperti ini bagi masyarakat Prawoto sudah tidak asing lagi. “Karena Kegiatan seperti ini tidak semakin surut, justru malah semakin berkembang.

“Bahkan setiap kegiatan ini, malah mendapat pengakuan oleh Kementrian Pariwisata bersama ketua Komisi X DPR RI memang membidangi pendidikan, ekonomi kreatif, maupun pariwisata.

Selama Kirab Budaya yang dikemas sedemikian rupa, bertujuan untuk melestarikan agar selalu dapat menciptakan kebersamaan, persatuan dan kesatuan semacam ini dan Berbagai macam ogoh pun diarak dalam Kirab Budaya yang berlangsung sangat meriah.

“Untuk Budaya seperti ini dapat mempersatukan antara satu dengan yang lain. “oleh sebab itu, kita harus guyub dan rukun, untuk bersama – sama membangun daerah, sehingga supaya lebih semakin maju”, cetus Haryanto.

Hal ini juga disampaikan Sentono Dalem Keraton Surakarta yang diwakili oleh Kanjeng Pangeran Haryo Sangkoyo Mangunkusumo mengatakan bahwa pihaknya merasa senang sebab untuk kesekian kalinya, dapat menghadiri kegiatan ini.

“Meskipun kami telah beberapa kali menghadiri, namun kami sangat menghargai usaha dari komunitas masyarakat setempat dalam menggelar kegiatan ini. Untuk itu, kami berharap agar acara budaya haul sunan prawoto dapat terus dilaksanakan setiap tahun”, kata Kanjeng Pangeran Haryo Sangkoyo Mangunkusumo. (Agus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

two × two =