Bagikan

TV10Newsgrup.Com, Pati

DI Balai desa tanjung Sekar kecamatan pucakwangi kabupaten pati telah Ada keterampilan khusus membatik untuk kaum wanita ,” Giat tersebut awal dimulai sejak Senin kemarin sampe sabtu (28/7) selesai.

Dalam kesempatan ini,Dinas pendidikan dan kebudayan juga hadir menyaksikan kaum wanita desa Tanjung Sekar yang begitu semanggat kompak saling menunjukan Ketrapilan kemampuan dan kreatif dari berbagai motif Berwarna gambar yang diinginkan.

Batik “Sekartanjung” Mulai bisa di Promosikan Di Desa Tanjungsekar, Selama dalam pelaksanaan itu Kepala desa tanjung sekar menunjukan batik yang sudah jadi kepada peserta yang ikut pelatihan membatik,” Ada Sekitar 20 peserta kaum wanita yang mengikuti pelatihan tersebut di Desa Tanjungsekar Kecamatan Pucakwangi kabupaten Pati.

Semenjak ada pelatihan Membatik DiDesa Tanjungsekar warga jadi bisa banyak belajar tentang ketrampilan membatik,hal ini didukung dari Dinas Pendidikan bidang Pendidikan Paud dan Dinas Bidang Fungsional Disprindag Pati yang sudah bekerjasama dengan desa.

Produk Batik yang di beri nama Batik Sekartanjung, rencananya akan di launcing bersamaan pembukaan Pencanangan Kampung KB” sementara untuk pemasaranya baru ditingkat daerah terutama didesa sendiri dulu” Ucap Drs.Irianto Kepala desa Tanjung Sekar.

Sementara ini, Ada salah satu peserta yang sudah mempunyai bakat keterampilan membatik Bernama Hj.Siti Rubi’ah Saat diwawancarai awak media TV10Newsgrup.Com dibalai desa mengatakan bahwa untuk Batik ini kita namakan Batik “Sekartanjung” karena berasal dari desa Tanjungsekar, semua yang ikut pelatihan ini rata rata kaum ibu rumah tangga ” Dalam pelatihan ini merupakan suatu peluang agar mendapatkan keterampilan membatik yang terbaik ,”selama Satu Minggu ini  waktu luang untuk mengasah keterampilan dengan harapan dapat mengenalkan desa Tanjungsekar dengn Batik Khasnya” ucapnya.

Dalam Proses Awal Pelatihan membatik ini di awali dari membuat pola gambar terlebih dahulu dengan canting Alat Batik yang Bewarna” setelah udah jadi kain di cuci dengan tujuan menghilangkan lilin yang menempel di kain yang udah digambar, untuk dalam lamanya pengerjaan waktunya sangat relatif dalam mewujudkan keterampilan yang di miliki masing masing peserta”Ucap Tri Daryanto

Reporter : tarjo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × one =