Bagikan

TV10Newsgrup.Com, Pati

Warga Desa karangsari kecamatan Cluwak Kabupaten Pati menggelar tradisi sedekah bumi”Mereka melakukan kirab keliling Desa yang berisi hasil bumi sebagai tanda syukur atas melimpahnya hasil panen

tradisi tahunan berlangsung pada hari selasa (17/7) Ratusan warga ikut memeriahkan acara dengan membawa gunungan yang terbuat dari hasil bumi desa setempat .

Dalam kesempatan ini” Kepala desa Karangsari menuturkan tradisi kirab gunungan sudah berlangsung setiap tahun sekali” tiap tahun mengalami perkembangan sesuai kondisi dan situasi masyarakat sekarang.

Saat ini pelaksanaan tradisi selain melestarikan budaya lokal, juga mengajak masyarakat hidup rukun antar warga agar menjaga kekompakan saling menghargai walaupun berbeda agama dan mengajak masyarakat supaya cinta terhadap tanah air.

sedekah bumi yang diperingati tiap bulan apit, penanggalan Jawa merupakan udah tradisi seperti kirab”hal ini dimeriahkan ada pertunjukan wayang kulit, joget tayuban ,dangdut dan juga perlombaan Bola voly antar desa.

sejarah budaya jawa selalu dihormati warga desa karangsari makanya kepala Desa selalu mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk kegiatan sedekah bumi, menurutnya tradisi yang di adakan setahun sekali ini bisa mendatangkan berkah untuk masyarakat Karangsari.

Reporter: Toro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × one =